Rabu, 12 Desember 2012

AKULTURASI PSIKOLOGIS

AKULTURASI

Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Contoh akulturasi: Saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa. Ini terjadi di acara Simfoni Semesta Raya.

PSIKOLOGI

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku dan kognisi manusia. [1] Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. 

Maka dapat disimpulkan bahwa akulturasi psikologis adalah suatu proses sosial yang timbul dari suatu kelompok manusia dengan kebudayaan, perilaku dan kognisi manusia tertentu yg dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing.


SUMBER
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
http://id.wikipedia.org/wiki/Akulturasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar